Hari Minggu ini balapan akan menjadi balapan terakhir dari Centennial Era, 1909-1911 - 2009-2011.

Sempat menjadi bagian dari kejuaran dunia Formula 1, kini Indy 500 di Indonesia hampir tidak memiliki popularitas.

Yah, thread IndyCar Kaskus lagi sepi euy. Berhubung ane cinta luar biasa ma nih balapan, sekalian mengenalkan IndyCar kepada masyarakat NKRI, ane ingin berbagi dengan juragan-juragan yang budiman di sini tentang balapan yang dikenal sebagai "THE GREATEST SPECTACLE IN RACING", di tempat yang dikenal sebagai "THE RACING CAPITOL OF THE WORLD."

Berikut 100 fakta tentang Indianapolis 500:





1. Balapan pertama diselenggarakan pada hari Selasa, 30 Mei 1911.

2. Balapan pertama berjarak total 500 mil karena ofisial trek menginginkan sebuah event yang akan bertahan sekitar tujuh jam. Balapan pertama berlangsung selama 6 jam, 42 menit, dan 8 detik.


3. Balapan tidak digelar pada tahun 1917-18 karena Perang Dunia I dan 1942-45 karena Perang Dunia II. Balapan Minggu ini akan menjadi balapan yang ke-95 dalam sepanjang sejarah Speedway.

4. Kalimat "The Greatest Spectacle in Racing" / "Tontonan Terhebat dalam Balapan" untuk balapan di Indy diciptakan pada tahun 1955 oleh Alice Greene, seorang copywriter muda di stasiun radio Indianapolis WBIC. Ia menyarankan penggunaan "Stay tuned to the Greatest Spectacle in Racing" / sebagai out cue (akhir dari segmen) untuk stasiun-stasiun radio yang menyiarkan balapan.

5. Siaran radio balapan dimulai pada pertengahan 1920an dan terdiri dari ulasan permulaan balap dan berakhir dengan laporan berita singkat sepanjang balapan. Speewdway mendirikan jaringan radio sendiri di tahun 1952, dan pada tahun berikutnya balapan disiarkan penuh untuk pertama kalinya dengan istirahat hanya untuk iklan.

6. ABC pertama kali menayangkan siaran langsung balapan di 1986. Sejak 1965-85, tayangan ABC disiarkan tunda. Balapan 1986 tersebut juga ditunda dua kali karena hujan.

7. Sebelum tahun 1977, balapan berakhir setelah sang pemenang mendapat kibasan checkered flag. Sebelumnya, pembalap boleh terus melanjutkan lomba selama beberapa saat setelah sang juara menerima checkered flag sehingga mobil-mobil lain bisa menyelesaikan jarak 500 mil. Pada tahun 1964 yang dipenuhi tragedi, waktu tersebut dikurangi menjadi lima menit untuk siaran TV. Tahun 1974, dikurangi menjadi 3 1/2 menit karena beberapa fans berdiri di dekat trek. Peraturan sekarang diadopsi tahun 1975, tetapi balapan '75 dan '76 berakhir lebih awal karena hujan.

8. "The 500 Festival Parade", yang bermula pada tahun 1957, dan aktifitas-aktifitas pengantar lainnya, diadakan karena editorial koran yang ditulis para kolumnis yang mengamati perayaan serupa menjelang Kentucky Derby.

9. Tradisi pelantunan lagu "Back Home Again in Indiana" (aslinya berjudul Indiana) saat pagi balapan, dimulai pada tahun 1946. James Melton, seorang presiden dari Antique Automobile Club of America dan anggota dari New York Metropolitan Opera Company, membawakan lagu dengan iringan dari band Purdue University. Dua tahun kemudian, pelantunan lagu dipindahkan ke saat sebelum mesin-mesin mobil dinyalakan.

10. Jim Nabors membawakan lagu "Back Home Again in Indiana" untuk pertama kalinya di tahun 1972. Ia telah menyanyikannya 32 kali dan setiap tahun kecuali sekali sejak 1987.

11. Yang telah menyanyikan "Back Home Again in Indiana" diantaranya adalah Mel Torme, Vic Damone, Dinah Shore, Ed Ames, Peter Marshall, Dennis Morgan, dan Johnny Desmond.


12. Balon-balon dengan berbagai warna dilepas ke udara saat bagian terakhir "Back Home Again in Indiana" dilantunkan. Tradisi tersebut diyakini bermula di tahun 1947 dengan rekomendasi Mary Fendrich Hulman, wife of speedway owner Tony Hulman.

13. Band Purdue telah menjadi bagian dari upacara pra-balapan sejak 1919.

14. Selain band Purdue, individu yang menyanyikan lagu kebangsaan nasional "The Star-Spangled Banner" paling sering adalah Florence Henderson dan Sandi Patti, masing-masing lima kali.

15. Tradisi meminum air susu di Victory Lane berawal dari Louis Meyer, juara tiga kali dan peminum dadih (buttermilk) di hari yang panas. Setelah kemenangan ketiganya, 1936, Meyer meminum dadih di Victory Lane. Seorang eksekutif industri susu sapi melihat foto Meyer, dan berasumsi bahwa itu adalah air susu, memutuskan bahwa hal tersebut harus menjadi tradisi setelah balapan usai.

16. Para juara meminum air susu di Victory Lane sejak 1937-1941, dan setelah balapan tidak digelar karena PDII, di 1946. Tradisi tersebut diulang tahun 1956 dan telah berlanjut sampai sekarang. Emerson Fittipaldi merusak tradisi itu pada tahun 1993 dengan meminum jus jeruk. Hasilnya, banyak fans membencinya. Saat ia kembali untuk mengemudikan pace car di tahun 2008, Fittipaldi dicemooh saat Public Drivers' Meeting oleh para fans.

17. Jim Rathmann diyakini menjadi pemenang pertama yang dikalungi rangkaian bunga berbentuk lingkaran di tahun 1960.

18. William J. "Bill" Cronin membuat rangkaian bunga tersebut. Ia juga seorang konsultan bunga untuk acara Rose Bowl, Cotton Bowl, dan parade Festival 500.

19. Mayoritas selama 30 tahun yang lalu, 33 anggrek cymbidium berwarna gading dengan ujung merah anggur telah menjadi bagian dari rangkaian bunga pemenang, yang juga menyertakan 33 miniatur checkered flag dengan pita warna merah, putih, dan biru.


20. Borg-Warner Trophy telah dipersembahkan untuk sang juara sejak 1936. Setiap wajah pemenang dipahat pada plakat perak dan dilekatkan pada trofi, yang juga menyertakan setiap pahatan wajah pemenang sebelumnya saat diperkenalkan.

21. Posisi terakhir untuk wajah seorang juara pada Borg-Warner Trophy sudah penuh pada tahun 1986. Bagian trofi diperbesar untuk menambah ruang. Bagian trofi itu kembali terpenuhi di tahun 2003, bagian baru ditambah pada tahun 2004. Kali ini ruang tersedia sampai wajah pemenang tahun 2034.

22. Trofi pertama, disiapkan oleh Borg-Warner Automotive Company tahun 1935, membutuhkan biaya $10.000.

23. Trofi tersebut sekarang bernilai lebih dari $1.000.000.

24. Louis Meyer menjadi yang pertama menerima trofi.

25. Dari tiga orang juara empat kali, hanya Rick Mears yang memiliki persamaan berbeda pada setiap kemenangannya.

26. Tom Sneva, juara 1983, adalah satu-satunya pemenang dengan pahatan wajah yang memakai kacamata.

27. Satu-satunya wajah bukan pemenang di trofi adalah mantan pemilik trek Tony Hulman. Wajahnya ditambahkan pada tahun 1987, 10 tahun setelah kematiannya.

28. Tanpa kakinya, trofi berukuran tinggi 4 kaki 4 inci. Dengan kakinya, ukuan tinggi menjadi 5 kaki 4 3/4 inci dan beratnya 110 pon.

29. Juara balapan sejak 1988 telah menerima replika trofi 18 inci yang dikenal sebagai "Baby Borg." Mulai dari tahun 1997, pemilik mobil sang juara juga menerima Baby Borg.


30. Jumlah peserta balap dibatasi menjadi 33 mobil sejak 1934, meski pengecualian terjadi di tahun 1979 dan 1997 dengan 35 mobil.


31. Ray Harroun, pemenang balapan pertama dengan mobil kuning-hitam "Marmon Wasp," diyakini menjadi mobol pertama yang memakai kaca spion.


32. Helm diwajibkan untuk balapan, pertama kalinya di ajang motorsport manapun, di tahun 1935.

33. Tahun 1939, George Bailey menjadi pembalap pertama dengan mesin diletakkan di belakang pengemudi. Tidak sampai 1965, bersama kemenangan Jim Clark, mobil bermesin belakang menang di Indy 500.

34. Sayap belakang tempel pertama kali diperbolehkan tahun 1972.

35. Janet Guthrie menjadi pembalap wanita pertama di Indy 500, tahun 1977, dan ia tampil untuk tiga balapan selanjutnya. Pembalap wanita kedua tidak muncul sampai tahun 1992, saat Lyn St. James mencatat start pertama dari tujuh balapan.



36. Willy T. Ribbs menjadi pembalap Afrika-Amerika pertama yang tampil di Indy 500 tahun 1991.

37. Cory Witherill menjadi pembalap berdarah suku asli Amerika penuh pertama yang mengikuti balapan, tahun 2001.

38. Trek oval di Indianapolis Motor Speedway mencakup 253 acre, cukup besar untuk menempatkan Churchill Downs, Yankee Stadium, Rose Bowl, Colosseum Roma, dan Kota Vatikan.

39. Speedway memiliki 250.000 seat permanen, menjadikannya fasilitas olahraga tontonan paling besar di dunia. Jika ditempatkan dari ujung-ke ujung, seat board bisa mencapai panjang 99,5 mil.

40. Area garasi dikenal sebagai Gasoline Alley. Awalnya, merujuk pada tikungan dimana depot bensin berada tetapi kemudian menjdai dikenal untuk seluruh area garasi. Nama tersebut diambil pada tahun 1920an, kemungkinan terinspirasi dari kartun bernama Gasoline Alley yang bermula di tahun 1919.

41. Kompetisi balon gas helium adalah event pertama yang digelar di IMS tahun 1909, dua bulan sebelum trek oval selesai dibangun.

42. Permukaan trek speedway di tahun 1909 mulanya terdiri dari batu-batu yang dihancurkan dan aspal. Kemudian di tahun itu, 3,2 juta batu bata ditambahkan pada permukaan trek. Aspal ditambahkan secara bertahap. Pada tahun 1938, aspal mengambil alih semua bagian kecuali 650 yard bagian dari trek lurus utama.

43. "The Yard of Bricks" di garis start/finish dibuat pada tahun 1961 saat batu bata yang tersisa di trek lurus ditutupi aspal kecuali potongan 36 inci di garis start/finsih.

44. Saat trek selesai dilapis ulang, setelah memberi waktu permukaan untuk mengeras, The Yard of Bricks digantikan dengan batu bata orisinil pertama.



45. Tradisi mencium The Yard of Bricks untuk pemenang tidak dimulai dengan Indy 500. Dale Jarret dan crew chief Todd Parrot menjadi yang pertama kali melakukannya setelah balapan NASCAR Brickyard 400 tahun 1996.

46. Menara timing dan scoring di trek, yang mencatatkan semua posisi dari 1-33, pertama kali didirikan tahun 1994. Yang pertama dibangun pada tahun 1959.


47. Tiga pembalap yang menjuarai balapan empat kali adalah A.J. Foyt (1961, '64, '67, dan '77), Al Unser Sr. (1970-71, '78, dan '87), dan Rick Mears (1979, '84, '88, dan '91).

48. Enam pembalap telah juara tiga kali dan delapan telah menang dua kali.

49. Dua kali pernah ada pemenang bersama, dengan pembalap berbagi mengemudikan mobil juara: L.L. Corum dan Joe Boyer (1924) serta Floyd Davis bersama Mauri Rose (1941).

50. Lima pembalap yang telah menang dua kali berturut-turut adalah Wilbur Shaw (1939-40), Mauri Rose (1947-48), Bill Vukovich (1953-54), Al Unser Sr. (1970-71), dan Helio Castroneves (2001-02).

51. Al Unser Sr. (1970-71, '78, dan '87) dan Al Jr. (1992 dan '94) merupakan satu-satunya ayah dan anak yang telah menjuarai Indy 500, sementara Al Sr. dan Bobby Unser (1968, '75, dan '81) menjadi satu-satunya saudara kakak-adik yang menang.

52. Al Unser Sr. (1987) menjadi pembalap tertua pada usia 47 tahun, 360 hari.

53. Troy Ruttman (1952) menjadi pembalap termuda pada usia 22 tahun, 80 hari.

54. Ray Harroun mendapat $14.250 saat menjuarai balapan pertama. Juara Indy 500 2010 Dario Franchitti mendapat $2.752.055.

55. Juara tiga kali Helio Castroneves telah meraup $9.219.283 untuk 10 balapan.

56. 20 kemenangan bermula dari pole position. Posisi start dengan kemenangan terbanyak adalah kedua dan ketiga, dengan masing-masing 11 juara.

57. Rick Mears memegang pole position paling banyak, 6 kali. Ia juga paling sering start dari front row, 11 kali.

58. Mears dengan total empat kemenangan, juara tiga kali dari pole position.

59. Tahun 1911, Lewis Strang menjadi pole-sitter karena menjadi pembalap pertama yang pertama kali mendaftar.

60. Pada tahun 1913 and 1914, pole-sitter ditentukan oleh undian.

61. Ray Harroun (1911) dan Louis Meyer (1936) sama-sama memiliki rekor untuk start terburuk oleh seorang pemenang: posisi ke-28.

62. Delapan rookie telah finish pertama. Terakhir adalah Helio Castroneves (2001).

63. Pembalap Amerika Serikat terakhir yang menjuarai Indy 500 adalah Sam Hornish Jr. (2006).

64. Mesin Offenhauser paling sering menang, dengan 27 kali juara. Kemenangan terakhir datang di tahun 1976.

65. Mobil bernomor 3 telah memenangkan paling banyak balapan, 11 kali. Nomor 2 menjadi yang kedua dengan 8 kemenangan dan nomor satu ketiga dengan 7 kali juara



66. ?

67. Karena PDI, balapan 1916 diperpendek menjadi 300 mil, menjadikannya satu-satunya Indy 500 dengan jarak kurang dari 500 mil.

68. Lima balapan telah dibatalkan sebagian atau sepenuhnya karena hujan dan kemudian dilanjutkan pada hari selanjutnya. Tujuh balapan telah berakhir lebih awal karena hujan.

69. Balapan 1976 berakhir lebih cepat karena hujan menjadi balapan tersingkat: 102 lap dan 255 mil.

70. Pada balapan tahyb 1940, 50 lap terakhir diselesaikan dalam kondisi under caution karena hujan.

71. Pace car pertama di ajang balapan diyakini dimulai pada Indy 500 1911. Pendiri trek Carl G. Fisher percaya bahwa dengan 40 mobil di trek, akan lebih aman jika semua mobil mengambil satu lap pada kecepatan 40-45 mil/jam sebelum memulai balapan, dan sebuah mobil Stoddard-Dayton dikemudikan oleh Fisher kemudian memandu para pembalap di lap tersebut.

72. Chevrolet telah terpilih sebagai pace car 21 kali, termasuk sembilan balapan terakhir. Oldsmobile di tempat kedua dengan 11.



73. Pace car tahun 2010 adalah Chevrolet Camaro yang dikemudikan Robin Roberts.

74. Dua orang telah mengemudikan pace car enam kali: Sam Hanks (1958-63) dan Jim Rathmann (1969, 72-74, 78, dan 82).

75. Diantara nama pengemudi pace car yang menarik: Louis Chevrolet (mengendarai Chrysler Imperial 80 di tahun 1926) dan Edsel Ford (mengemudikan Lincoln di tahun 1932).

76. Tahun 1912, Ralph DePalma memimpin pada lap 3 dan di satu titik balapan memimpin dengan jarak 5 1/2 lap dan 11 menit. Ia memimpin 196 lap sebelum mengalami kerusakan mekanik. Saat DePalma dan riding mechanic-nya (mirip seperti seorang co-driver) mendorong mobil DePalma, Joe Dawson akhirnya menyalip dan menang setalah memimpun dua lap terakhir.

77. Tahun 1930, Louis Meyer memimpin dua lap pertama, kemudian pole-sitter Billy Arnold memimpin 198 lap sisanya.

78. Balapan pertama berlangsung 6 jam, 42 menit, dan 8 detik dengan kecepatan rata-rata 74,602 mil/jam. Balapan 2010 berlangsung selama 3:05:37,0131 dengan kecepatan rata-rata 161.623 mil/jam.

79. Jarak kemenangan terjauh datang pada tahun 1913, saat Jules Goux finish 13 menit, 8,40 detik di depan Spencer Wishart.


80. Jarak kemenangan terdekat datang pada tahun 1992 saat Al Unser Jr. mengalahkan Scott Goodyear dengan selisih 0,043 detik.


81. Kecepatan rata-rata tertinggi untuk pemenang balapan adalah 185.981 mil/jam, oleh Arie Luyendyk di 1990.

83. A.J. Foyt telah memiliki start Indy 500 paling banyak dari siapapun: 35. Semuanya dicetak secara berturut-turut, dari 1958-92. Foyt telah mengemudi sepanjang 12.272,5 mil.

84. Al Unser memimpin paling banyak lap, dengan 644 lap.

85. Michael Andretti telah memimpin paling banyak lap tanpa kemenangan, dengan 431 lap.

86. Dua pembalap telah memimpin lap 199 tanpa memenangkan balapan: Robby Gordon (1999) dan Marco Andretti (2006).

87. Tony Stewart menjadi rookie terakhir yang start dari pole setelah pada tahun 1996 peraih pole Scott Brayton tewas pada sesi latihan sebelum balapan.

88. Lima pembalap finish di posisi 33 setelah start dari posisi 1: Cliff Woodbury (1929), Pancho Carter (1985), Roberto Guerrero (1992), Greg Ray (2000), dan Scott Sharp (2001).

89. Tujuh wanita telah mengikuti balapan Indy 500: Janet Guthrie, Lyn St. James, Sarah Fisher, Danica Patrick, Milka Duno, Ana Beatriz, dan Simona de Silvestro.


90. Patrick mempunyai posisi start tertinggi untuk seorang pembalap wanita, keempat di 2005, dan juga posisi finish tertinggi, ketiga di tahun 2009. Ia juga finish lima kali di posisi 10 besar. Janet Guthrie (kesembilan di 1978) adalah satu-satunya pembalap wanita lain yang finish di top 10.

91. Fisher telah mempunyai start terbanyak dibandingkan pembalap wanita lainnya, dengan sembilan start.

92. A.J. Foyt, dari Houston, adalah satu-satunya pembalap kelahiran Texas yang membalap di Indy 500.

93. Enam anggota keluraga Unser telah membalap di Indy 500: Tiga bersaudara Al Sr., Bobby, dan Jerry; Al Jr. (putra dari Al); Johnny (putra dari Jerry); Robby (putra dari Bobby).

94. Lima anggota keluarga Andretti sudah membalap di Indy 500: Mario sebagai kakek, putranya Jeff dan Michael; Marco sebagai cucu; John sebagai keponakan.

95 Lap tercepat saat balapan di sirkuit oval 2 1/2 mil ini adalah 38,119 detik (236.103 mil/jam atau setara dengan 379.971 km/jam) oleh by Eddie Cheever, Jr. di tahun 1996.



96 Kecepatan saat kualifikasi mencapai 100 mil/jam untuk pertama kalinya pada tahun 1919 dan 200 mil/jam pada 1981.

97. Kecepatan kualifikasi tercepat adalah 237.498 mil/jam (382.216 km/jam) untuk satu lap, dan 236.986 mil/jam (381.392 km/jam) untuk empat lap. Kedua rekor dicetak oleh Arie Luyendyk, 1996.

98. Balapan 1984 mempunyai 117 mobil terdaftar untuk kualifikasi.

99. Lirik lagi dari "Fun, Fun, Fun" oleh The Beach Boys mempunyai bagian "She makes the Indy 500 look like a roman chariot race now."


100. Lebih dari 7.000 Brickyard Burgers dikonsumsi selama balapan tahun 2010. Itu sama dengan berat lima mobil IndyCar. Lebih dari 13.000 US gallons bir dikonsumsi, cukup untuk memenuhi kolam renang 24 kaki.





VIDEO
Spoiler for ampun


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Post a Comment