Mengatasi LAG di PES 2018

Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES, adalah salah satu game sepak bola yang paling digemari di dunia. Sedikit berbeda di seri-seri PES sebelumnya, PES 2018 meminta sistem requirements lumayan tinggi, sehingga berpotensi terjadi lag atau patah-patah.


Saya sendiri cukup kaget, ketika sistem requirements PES 2018 resmi diumumkan, dimana spesifikasi yang dibutuhkan cukup jauh. Yang berbeda dengan seri-seri PES sebelumnya yang notabene hanya butuh low spec.

Baca Juga :
[Download] Assassin Creed I, II, Brotherhood

Perbandingannya seperti berikut, untuk PES 2017, sistem requirementsnya:

CPU: Intel Core2 Duo 1.8GHz / AMD Athlon ? X2 240 or equivalent processor
RAM: 1 GB
OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1, Vista SP2
VIDEO CARD: DirectX 9.0c compatible video card. 1024 MB
SOUND CARD: DirectX 9.0c compatible sound card
FREE DISK SPACE: 8 GB 

Spesifikasi PES 2017 diatas, masih cukup jadul, dimana dari segi CPU dan VGA termasuk seri hardware lama. Sedangkan PES 2018:

CPU: Intel Core i5-3450(3.10GHz)/AMD FX 4100(3.60GHz)
CPU SPEED: Info
RAM: 8 GB
OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1(64bit)
VIDEO CARD: NVIDIA GTX 650/AMD Radeon HD 7750
FREE DISK SPACE: 30 GB 

Nah, di PES 2018 ini spesifikasi yang dibutuhkan meloncat cukup tinggi, dimana hardware yang dibutuhkan, adalah hardware keluaran sekitar tahun 2012/2013 yang masih lumayan oke buat ngegame jaman sekarang (di resolusi HD). 
Memang, hardware-hardware tersebut pada zamannya tidak begitu tinggi, (masih termasuk entry level), tapi mayoritas low spec gamer seperti saya masih terasa berat ketika menjalankan game ini.

Lantas bagaimana supaya tidak lag?
Singkat cerita ketika mencoba PES 2018 di PC saya dengan spesifikasi: AMD Athlon 860K (Quad Core), RAM 8GB dan VGA HD 7730 DDR3. Spek saya ini, cukup mendekati dengan minimum sistem requirements PES 2018.

Tapi, ketika saya memainkannya di resolusi HD, saya mengalami patah-patah dan gerakannya yang tidak halus.

Tentu tidak enak, main PES 2018 patah-patah/macet begitu, apalagi 2 player, lebih parah lagi.

Nah, disini akhirnya saya dapat cara optimalisasi agar pes 2018 tidak lag. Cara ini dijamin PES sobat lebih lancar, fps bertambah dan lagnya berkurang.

Cara untuk mengurangi lag di PES 2018 ada 4 cara.
4 cara? Iya, hanya 4 cara. 4 cara ini adalah cara yang dijamin bisa menambah fps PES 2018 dan mengurangi LAGnya. Langsung saja: 


1. Update dan Optimalisasi Driver VGA.

Yang pertama, karena PES 2018 ini termasuk game yang baru, maka kita juga perlu optimalisasi dengan driver yang baru.

Jika vendor VGA sobat sudah merilis update driver baru, jangan lupa untuk rutin mengupdatenya.

Yang kedua, sobat bisa melakukan optimalisasi grafis lewat driver VGA, yaitu dengan mensetting grafis dari tampilan ke performance. Berikut contoh saya memakai VGA AMD dan driver AMD Crimson.
Atur ke performance / sesuaikan

2. Mengurangi resolusi di PES 2018

Cara kedua, yaitu dengan mengatur resolusi layar di setting PES 2018.

Semakin besar resolusi yang diatur di dalam sebuah game, maka semakin berat juga kerja VGA. Untuk itu, mengurangi resolusi layar bisa menjadi salah satu opsi agar fps pada PES 2018 bertambah.

Buka Setting PES 2018, lihat pada bagian Resolution, nah, silakan atur resolusi ke yang lebih rendah.

Saya memakai monitor wide 19,5 Inch dengan resolusi HD (1366x768), di bagian setting resolusi, saya atur ke (1280x720) 16:9 karena itulah resolusi yang paling rendah yang bisa saya setting.

Entah apakah berbeda di komputer lain karena saya belum tes.

Jika sobat memiliki spesifikasi monitor berbeda, coba sesuaikan settingnya, dan perhatikan aspect ratio, karena di seri PES sebelumnya, jika ratio layar tidak pas, maka layar jadi tidak full. (Kurang tahu kalau PES 2018).

Baca Juga :
[Download] The Sims 3 | Full Version 

3. Mengganti data dt00_x64.cpk dengan yang telah dimodifikasi oleh Theartman

Jika sobat sedang mencari cara mengatasi PES 2018 yang lag di google, mungkin sobat akan menemukan rekomendasi untuk mengganti dt00_x64.cpk dengan yang sudah di modifikasi.

Penggantian data ini wajib supaya FPS yang didapatkan bisa lebih tinggi.

Di file yang telah dimodifikasi ini, yang telah saya baca, file ini adalah file untuk merubah setting grafis yang 'dipaksa' ke very low. Sehingga FPS yang didapatkan jauh lebih tinggi.

Perbedaan FPS yang saya dapat ketika saya tes, mendapat 10 FPS, ini termasuk cukup tinggi, karena dengan 10 FPS perbedaan gerakan akan jauh lebih halus.

Sobat bisa mencobanya di sini


4. Mengatur setting grafis di PES 2018.

Salah satu poin menarik disini, adalah ketika pertama kali saya membuka PES 2018, saya tidak menemukan settingan grafis di setting PES 2018, yang biasanya tersedia dalam 3 opsi, yaitu low,medium dan high (Sobat penggemar seri PES pasti tahu.)

Yang otomatis, kita tidak bisa mengatur lebih jauh lagi setting grafisnya.

Sempat kecewa, tapi ternyata letak setting grafis PES 2018 telah berubah ke render setting di dalam game.

Kerennya, di render setting di dalam game ini kita bisa mengoptimalisasi lebih jauh settingan grafis di bandingkan seri PES sebelumnya.

Sehingga dengan setting yang customable ini bisa menyesuaikan setting grafis dengan target FPS yang diinginkan.

Baca Juga :
[Download] |Playboy: The Mansion| and |7 Sins|

Cara untuk settingnya, pertama buka terlebih dahulu gamenya, lalu buka Render setting,

Kalau saya bukanya di exhibiton match -> pilih tim -> saat berada di layar gameplan, lihat kanan -> buka system setting -> lalu buka render setting.

Di render setting ini, silakan sesuaikan grafis yang diinginkan. Jika menargetkan FPS yang lebih baik dan lancar, sobat bisa ganti grafisnya dari high ke low.

Settingan saya

Sebagai contoh, gambar diatas adalah settingan PES 2018 di PC saya. Karena saya termasuk gamer tengah-tengah (target grafis enak + FPS lancar), maka saya setting ke low-medium-high di beberapa bagian. Settingan diatas, saya bisa dapat FPS in game stabil di 40 FPS sampai 40+ FPS. Cukup lancar.

Jujur, 4 cara diatas adalah 4 cara yang saya pakai untuk mengurangi LAG di PES 2018, dan hasilnya sekarang lancar. Terakhir saya main lawan adik saya, saya menang 15-6 (Pamer sedikit hehe).

Nah, mungkin FPS yang didapatkan pasti berbeda-beda di PC atau laptop. Apalagi dengan spesifikasi yang berbeda-beda, tapi dengan 4 Cara diatas, setidaknya semoga sobat bisa mendapatkan gaming experience yang lebih baik. Lebih halus dan lebih lancar.

Baca Juga :
Makin Banyak yang Pakai, 5 Teknologi Ini Malah Berisiko Merusak Alam Semesta! 

Jika spesifikasi sobat sudah terlalu jauh dari sistem minimum yang dibutuhkan PES 2018, ada baiknya agar sobat mengupgrade PC sobat, karena opsi upgrade inilah opsi terbaik supaya ngegame tidak ngelag.

Sekian terima kasih. :)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengatasi LAG di PES 2018"