Suka Membaca Dan Menulis Bisa Bikin Otak Kita Awet Muda

California, Membaca buku dan bermain teka-teki telah diketahui menurunkan kemungkinan terserang penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian baru-baru ini mungkin menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi. Ternyata kegiatan tersebut mengurangi akumulasi protein berbahaya di otak.

Dalam penelitian tersebut, lansia yang mengaku melakukan kegiatan yang merangsang mental sepanjang hidupnya memiliki sedikit simpanan beta-amyloid, yakni protein yang khas dimiliki penderita Alzheimer. Temuan itu terlepas dari jenis kelamin peserta atau lama pendidikannya.


"Temuan menunjukkan bahwa terapi kognitif yang merangsang otak dapat memperlambat perkembangan penyakit ini, jika diterapkan sebelum gejala muncul," kata peneliti William Jagust, profesor di University of California, Berkeley Helen Wills Neuroscience Institute.

Para peneliti telah memahami bahwa Alzheimer adalah penyakit kompleks yang memiliki lebih dari satu penyebab. Penelitian itu telah dipublikasikan dalam jurnal Archives of Neurology.

Para peneliti meminta 65 orang dewasa yang sehat mental berusia 60 ke atas untuk menilai seberapa sering mereka melakukan kegiatan yang mengasah kemampuan mental seperti pergi ke perpustakaan, membaca buku atau koran dan menulis surat atau email.

Para peserta juga diberi tes untuk menilai daya ingat dan kemampuan mental lainnya, serta menerima scan positron emission tomography (PET) menggunakan senyawa baru yang dikembangkan untuk memvisualisasikan protein amiloid. Scan otak dari para peserta ini kemudian dibandingkan dengan 10 pasien yang didiagnosis dengan penyakit Alzheimer dan 11 orang sehat berusia 20-an.

Para peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara tingkat aktivitas mental yang tinggi selama seumur hidup dengan kadar PET yang lebih rendah. Lansia dengan jumlah aktivitas mental tertinggi seumur hidupnya juga memiliki tingkat amiloid yang sebanding dengan orang muda. Sebaliknya, orang dewasa yang melaporkan tingkat aktivitas mental terendah memiliki tingkat amiloid sebanding dengan pasien penyakit Alzheimer.

"Data kami menunjukkan bahwa orang yang seumur hidupnya terlibat dalam aktivitas mental memiliki efek lebih besar daripada orang yang hanya aktif mentalnya di usia yang tua," kata rekan peneliti, Susan Landau seperti dilansir myhealthnewsdaily, Rabu (25/1/2012).

Namun, para peneliti mengatakan tidak ada ruginya untuk melatih otak di kemudian hari. Para peneliti mencatat bahwa penumpukan amiloid juga dapat dipengaruhi oleh gen dan penuaan. Satu sepertiga peserta penelitian yang berusia 60 tahun ke atas memiliki beberapa penyimpanan amiloid dalam otaknya, tapi beberapa di antaranya masih banyak yang dapat membaca dan menulis dengan baik.

Sumber : Detikhealth


16 komentar:

  1. nice info gan :D

    Visit me back at : http://guardian-headquarters.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. mantap tuh bayi nya, haha
    visit back yah http://animefond.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Setuju, memang menulis dan membaca banyak manfaatnya dan berguna bagi kesehatan otak kita. Nice artikel. thanks

    BalasHapus
  4. gan, klo ane boleh nnya, gama cranya buat Komentar Balasan gan ? :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew, ane ga tau gan

      pas buka blog tiba2 kaya gini, emoticonnya jg jadi ga berguna

      ane jd ga ngrti :|

      Hapus
  5. @admin

    ada award untuk kamu teman,

    silahkan ambil di href="http://bengkelhumor.blogspot.com/2012/03/fleanding-sites-choice-award.html

    dan cek hadiah di href="http://bengkelhumor.blogspot.com/2012/03/hadiah-fleanding-sites-choice-award.html

    Happy Blogging

    BalasHapus
  6. Wah,,keren :D

    Saya dari Rizky Kazegami Fansub berkunjung jangan lupa ya kunjungan baliknya :D

    VISIT IN HERE : http://rizky-kazegami.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.

    ditunggu kunjungan baliknya ya :D


    #Semoga sehat selalu :D

    BalasHapus
  8. bener banget neh...otak harus sering dilatih supaya tetap tajam

    BalasHapus
  9. malas membaca cepet lupa ingatan :)

    Follow Me

    BalasHapus