Windows 10 Anda Lambat? Inilah Cara Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10

Jika kalian merasa bahwa windows 10 kalian sangat lambat, maka kalian sekarang sedang membaca solusi terbaik untuk mempercepat kinerja windows 10 kalian! Melambatnya kinerja windows 10 disertai oleh beberapa faktor, mulai dari software, hardware, driver, register dan lain sebagainya. Mungkin beberapa dari kalian sangat gondok dengan kecepatan windows kalian yang semakin hari semakin melambat. Tunggu dulu, jangan salahkan software ataupun hardwarenya dulu, siapa tau komputer kalian lambat adalah karena ulah kalian sendiri! Misalnya, kemasukan ADWARE ataupun MALWARE yang secara umum akan sangat menurunkan performa komputer, kalau komputer sendiri sudah terjangkit oleh hal tersebut, siapa yang bisa disalahkan?
Baca Juga : 

Sebelum kalian berniat untuk merancang komputer high-end dengan total budget yang besar dengan dalih mendapatkan kecepatan dan performa yang lebih baik, sebaiknya cek tips/cara untuk mempercepat kinerja windows 10

1. Restart Komputer :
Ini adalah cara yang sangat sederhana, namun bisa kalian gunakan disaat terjadi Hang ataupun terjadi lambatnya processing.
 
2. Nyalakan Mode High Performance :
Klik kanan tombol Start > ketik Power Options. Di jendela Control Panel, pindah ke opsi Tampilkan Opsi Tambahan (Show Aditional Options). Aktifkan mode High Performance
 
3. Non-aktifkan Program Startup :
Sering kali terjadi sebuah beban loading berat di windows saat awal-awal dinyalakan. Kalian bisa mengurangi beban tersebut dengan cara yang cukup mudah. Pergi ke Task Manager > CTRL + Delete > Pilih Task Manager. Setelah itu, pindah ke tab Startup – Disable program-program yang tidak penting supaya mengurangi beban load startup
 
4. Menggunakan Software CCleaner :
Menggunakan Software gratisan ini juga bisa membantu mempercepat kinerja windows 10 kalian. Beberapa fitur yang ditawarkan didalamnya, sangat berguna untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang terjadi dalam sistem.

Fitur pertama adalah Registry Cleaner : Disini kalian cukup menekan tombol SCAN FOR ISSUE lalu setelahnya FIX SELECTED ISSUE
Fitur kedua adalah Startup : Sama seperti langkah sebelumnya, dengan CCleaner kalian bisa menonaktifkan program startup
Fitur ketiga adalah Uninstall : dengan fitur ini kalian dapat menghapus program secara menyeluruh tanpa meninggalkan bekas Cache ataupun Registry!

5. Menggunakan Solid State Drive (SSD) :
Sebuah teknologi terbaru yang memungkinkan media penyimpanan (Harddrive) menggunakan sistem chipset seperti flashdisk. Tentunya dengan ukuran data yang lebih besar dan kecepatan write and read data yang sangat cepat. Kecepatan SSD sebetulnya beragam, namun satu hal yang pasti, proses kinerja windows 10 kalian akan jauh meningkat berkali-kali lipat saat telah memasang SSD sebagai partisi utama installasi windows. 

Baca Juga : 

Jika dengan hardrive normal data akan disimpan pada sebuah sektor, maka dengan SSD setiap data akan disimpan didalam media chipset tanpa perlu sektor, hal ini sangat mengurangi waktu untuk read data, sehingga saat membuka program apapun kecepatannya akan jauh berbeda.
 
Harga SSD juga beragam, mulai dari 128GB seharga Rp 700.000 hingga 1TB seharga Rp 4.000.000. Tapi untuk kecepatan dan pengalaman penggunaan komputer yang fantastis, tidak ada salahnya mulai menabung untuk membeli SSD.
 
6. Upgrade Hardware Komputer :
Disini saya tidak akan muluk-muluk, jika kalian ingin kinerja windows 10 meningkat, harap dipastikan dulu bahwa PC kalian memiliki RAM minimal 8GB. Dibawah itu, bersiap saja merasakan lambatnya pergantian program dan tersedatnya proses penjalanan program. Harga RAM 8GB untuk sekarang itu sekitar Rp 1.000.000
 
7. Melakukan Pengecekan Malware, Adware dan Virus :
Masalah ini paling sering saya jumpai disekitaran. Mendadak Komputer menjadi lambat dan muncul iklan-iklan tidak mengenakan. Biasanya masalah ini disebabkan oleh Malware & Adware, tapi tidak jarang juga ada Virus yang memiliki kemampuan untuk memperlambat kinerja komputer kalian seperti Trojan, Worm, dll. Nah untuk mengatasi masalah ini, biasanya kalian harus inisiatif aja. 

Jika kalian merasa komputer terkena Adware dan Malware maka kalian bisa mengikut tutorial Cara Menghilangkan Malware Adware WindowsSetelah kalian yakin komputer kalian bukanlah terkena Malware atau Adware, sekarang coba lakukan installasi Antivirus Gratis seperti Bit Defender untuk melakukan  Scanning File.

Baca Juga : 

Jika ternyata, virus telah merajalela dikomputer kalian dan menghalangi proses installasi Antivirus. Maka cara termudah bagi kalian adalah melakukan Backup semua data di drive C: lalu lakukan step selanjutnya (Install Ulang Windows 10)
 
8. Install Ulang Windows 10 :
Langkah ini saya rasa sudah terkenal dan tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Jika kalian belum mengerti cara install ulang windows, sebaiknya belajar. Karena sejatinya melakukan installasi ulang windows itu sangatlah mudah. Yang kalian butuhkan hanyalah copyan windows baik itu original ataupun pirated dalam DVD atau Flashdisk, lalu melakukan startup install ulang. Tinggal klik next, lalu pelajari sistem Partisi Harddisk.Jasa installasi windows di indonesia rata-rata menawarkan Rp 75.000 – Rp 200.000 per install ulang.
 
9. Update Driver Hardware & Matikan Windows Update :
Seperti judulnya, setelah kalian melakukan install ulang, pastikan semua driver diupdate ke versi terbaru. Misalnya, driver VGA, driver Chipset Mainboard, Driver Audio, driver USB, driver Ethernet, dll. Setelah itu, jika windows kalian adalah bajakan jangan lupa untuk mematikan Windows Update supaya tidak terjadi masalah.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Windows 10 Anda Lambat? Inilah Cara Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10"

  1. Ti 89 Titanium Calculator - TITanium - TITanium.com
    Ti 89 Ti titanium forging 89 Titanium ford edge titanium 2021 Calculator. (T) Type. Calculator, T-Form, titanium nipple jewelry Type, T-Form. Calculate current value of the titanium cup bet, odds, columbia titanium jacket or other type of bet.

    ReplyDelete