Ban Pecah Di Jalan? Tenang Tidak Usah Panik :)


Tidak sedikit penyebab kecelakaan itu disebabkan oleh pecahnya ban disaat melakukan perjalanan. Dan akibat rasa panik yang berlebihan resiko kecelakaan pun jadi berlipat ganda.

Padahal untuk menghadapi situasi berbahaya seperti ini diperlukan ketenangan untuk bisa melampauinya dan meminimalisasi resiko yang ada di depan mata.



"Merawat ban itu lebih sulit dari pada membelinya. Karena ini memang menyangkut masalah kenyamanan dalam berkendara," ungkap Executive Director Indonesia Defensive Driving Center(IDDC) Ir. Bintarto Agung.

Dan untuk menghindari kondisi kritis ketika ban pecah saat dikendarai IIDC pun memberikan tips sederhana yang terkadang dilupakan anda sebelum melakukan aktifitas untuk menghindarinya.

Lalu apa saja langkah untuk menghindari kondisi kritis ini? Bagaimana pula menghadapi situasi ketika ban mobil kita pecah? Apa sajakah yang anda harus lakukan? Berikut bocorannya.

1. Periksa kondisi ban baik dalam tekanan angin dan penyetelan roda, sebelum melakukan aktifitas anda.

2. Melakukan pemeriksaan tekanan Udara ban minimal 1 minggu sekali. Tapi ingat untuk melakukan pemeriksaan disaat keadaan ban dingin, sebelum terjadi perubahan suhu akibat panas ban setelah beraktifitas.

3. Bila tekanan ban kendaraan tidak sesuai maka hal ini bisa menyebabkan ban akan mengalami cepat haus. Dan bisa membuat kendaraan tidak stabil.

4. Pastikan Rotasi ban telah terpasang tepatdan tidak terbalik.

5. Bila Ban Pecah, Pertahankan arah dengan memegang roda kemudi dengan pasti.

6. Bila Ban Pecah, Lakukan perlambatan halus dan gradual tanpa menginjal rem.

7. Bila Ban Pecah, Periksa lalu lintas sekitar, beri sinyal dan arahkan kendaraan ketempat yang aman.

8. Setelah kendaraan dapat dikendalikan dengan baik, injak pedal rem secara bertahap sampai kendaraan dapat berhenti total.

9. Pindahkan ke transmisi pada "Park" dan "R" (Automatic). Pasang Rem Tangan dan nyalakan lampu Hazard.

10. Keluar dari kendaraan setelah seluruh penumpang keluar.

Sumber : duniasharing.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ban Pecah Di Jalan? Tenang Tidak Usah Panik :)"

  1. Poin 5 menurut saya kyk susah u pertahankan kemudi apalagi kalau roda dua bisa jatoh!!

    ReplyDelete